Aturan Penamaan Domain

Memilih nama domain adalah keputusan yang besar dan kamu pasti sudah membuat beberapa daftar nama domain yang available. Tetapi perlu diingat bahwa kamu tidak bisa gegabah dalam membuat keputusan. Kali ini kami akan memberi tahu tentang 8 aturan memilih nama domain yang baik dan efektif.

Aturan dasar penggunaan nama domain yang harus kalian pahami :

  • Huruf normal (kecil) dan huruf capital (besar) tidak dibedakan. Jadi ABC.com sama saja dengan abc.com atau abc.com.
  • Hanya boleh enggunakan karakter alpha-numeric atau abjad angka (0-9, A-Z), serta tanda sambung minus (-). Tanda sambung hanya bisa dipakai di tengah nama, tidak boleh dipakai di awal atau di akhir nama.
  • Beberapa registrar tidak memperbolehkan penggunaan angka (0-9) pada awal nama domain.
  • Panjang maksimum nama domain adalah 63 karakter, tidak termasuk 4 karakter pada TLD (.com .net .org).

    Jadikan Brandable
    Brandable tidak terdengar seperti merk, kamu perlu menggunakan tanda hubung dan nomor agar tidak terkesan seperti merk. Tapi, buatlah nama domain yang terdengar generik atau terdengar unik.
    Intinya adalah buatlah merk yang berkesan. Kamu bisa memulainya dari keyword yang generik, meskipun sulit untuk diingat, namun ini benar-benar mengolah kemampuan otak. Tapi, jika kamu ingin sesuatu yang unik, kamu harus hindari orang-orang yang mencocokkan nama domain dengan tepat.

    Perlu Diucapkan
    Ucapkanlah nama domain, karena ini penting! Faktanya, ini dapat berpengaruh pada konsep “processing fluency”. Pada dasarnya kita ingat dan memiliki asosiasi positif karena mudah dikatakan dan diucapkan dalam pikiran kita. Namun, akan berbeda jadinya jika bahasa yang ditargetkan berbeda dengan negara yang kamu targetkan. Pastinya, jika kamu kesulitan mengatakan nama domain, maka kamu akan kehilangan processing fluency dan kehilangan memorability.

    Baca Juga : Sejarah adanya website

    Buatlah Sesingkat Mungkin
    Hindari pemilihan nama domain yang panjang, sebab ini berkaitan dengan processing fluency. Tapi, untuk menemukan nama domain yang mudah diketik, dikatakan, dibagi, dan singkat pada platform media sosial, dan hasil pencarian tidaklah mudah.

    Hindari Nama yang Melanggar dengan Perusahaan atau Organisasi Lain
    Kamu perlu berhati-hati karena ini akan berkaitan dengan dasar hukum. Jika kamu salah mengambil tindakan maka kamu akan berhubungan dengan hukum, jadi pertimabangkanlah hal yang tidak berpotensi pada kesalah pahaman.Jika kamu berhubungan langsung dengan pengacara atau profesional hukum, bisa jadi akan muncul masalah yang nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *