lithesoft
lithesoft
Hendak membangun sebuah perusahaan startup atau biasa dikenal sebagai perusahaan rintisan kini makin menjamur di era serba digital sekarang, sebuah perusahaan yang masih sangat kecil dengan yang nyaris tanpa modal namun bisa berkembang pesat lalu dapat memperoleh suatu value atau nilai perusahaan yang sangat menjanjikan.
Dan seperti yang telah diketahui bahwa telah perusahaan-perusahaan startup yang tersebar di Indonesia. Bagi anda yang hendak membangunnya pun tak perlu merasa minder apalagi ragu untuk merintisnya. Sebab, dari banyak kejadian yang ada. Bahkan tanpa modal sekali pun seseorang bisa sukses dengan omzet hingga ratusan juta rupiah.
Namun, alangkah baiknya bila anda memerhatikan hal apa saja yang penting untuk diterapkan dalam membangun suatu perusahaan startup.
1. Membentuk Sebuah Tim
Hal pertama yang wajib dilakukan yakni membentuk sebuah tim. Sebab perusahaan yang akan didirikan mungkin tidak dapat dihandle sendirian. Dan kemungkinan meski anda handal serta mempunyai banyak dalam ide namun masih lemah dalam segi pengiplementasian ide tersebut, Dan itulah alasannya mengapa anda membutuhkan seorang co-founder untuk mereallisasikan ide tersebut.
2. Menciptakan Sebuah Produk
Selanjutnya, Buatlah sebuah produk yang bermanfaat bagi banyak orang. Ciptakan suatu produk yang paling tidak dibutuhkan oleh orang lain. Untuk mencari seperti apa produk tersebut,
Riset dan lakukan penelitian kecil-kecilan mengenai apa yang paling tidak dibutuhkan oleh masyarakat, dan temukan hal yang sekiranya dibutuhkan oleh orang banyak.

3. Lindungi Hak Paten Produk Anda

Tak pelu heran bila perusahaan-perusahaan teknologi kini tengah gencar-gencarnya mengambil hak paten, dan bahkan berita kini sering menemukan headline perang paten antara perusahaan-perusahaan besar di dunia.

Dan bila anda merasa produk anda cukup unik dan tidak banyak dijual oleh orang lain, maka ada baiknya bila anda melakukan hak paten terhadap produk yang anda tengah rintis saat ini.

4. Maksimalkan Pemasaran Produk

Selanjutnya adalah bagaimana cara memasarkan produk dengan baik dan benar agar dapat menghasilkan suatu keuntungan. Anda juga ada baiknya bila melakukan suatu riset agar dapat menentukan target pemasaran agar bisnis yang dirintis bisa berjalan dengan lancar.

 

5. Kembangkan Strategi Keuangan

Hal terakhir yang perlu anda pikirkan baik-baik adalah memikirkan bagaimana perusahaan start up anda bisa berdiri dengan sejumlah dana yang ada. Hal ini jelas berlaku bagi semua perusahaan yang berjalan. agar tidak mengalami kerugian atau bahkan kebangkrutan, anda tentu wajib mengelola keuangan dan pembiayaan perusahaan baru anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *