Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pengembangan Website

Sebuah website biasanya dikelola oleh seorang atau beberapa web administrator. Pengelolaan ini tidak bisa diserahkan ke sembarang orang yang tidak memiliki kompetensi dalam menangani sebuah website mengingat akan ada banyak data yang tersimpan di dalamnya.

Jika ada kesalahan dalam proses maintenance, maka data yang dimiliki akan terancam hilang dan para pengunjung akan mengalami hambatan dalam mengaksesnya. Ada langkah-langkah yang harus anda praktekkan untuk menangani setiap kendala mengelola website yang mungkin dihadapi baik untuk website baru maupun lama.

Hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan website : 

  1. Tampilan pada halaman web. Unsur penting dalam sebuah website adalah tampilannya, karna begitu user membuka suatu website, maka terlebih dahulu user akan menilai tampilan dari website tersebut, tampilan ini menyangkut tata letak, tipografi, tata warna, dan estetika design image. Tampilan akan muncul bersama-sama dengan isi informasi yang diquery dari database. Untuk website yang bersifat dinamis, jika design digabung dengan scripting engine umumnya pengembang akan menemui kesulitan dalam pengelolaan tampilan pada website karena untuk setiap pembaharuan website harus juga dijaga isi informasi dari website agar terjaga konsistensi setiap halaman,
  2. Pengelolaan isi halaman. Berkaitan dengan kesulitan pertama di atas, pengelolaan isi halaman dan penambahan modul baru untuk memperkaya fitur website juga sulit dilakukan.
  3. Pengelolaan navigasi. Navigasi dalam website idealnya harus konsisten agar user tidak dibuat bingung mengenai posisi dan penempatan navigasi dan juga agar struktur halaman tetap tertata rapi.
  4. Perbedaan media dan software penjelajah. Masing-masing media tampil (monitor) beberapanya mempunyai karakteristik yang berbeda, mulai dari ukuran layar monitor, jenis monitor, perbedaan operating system dan software penjelajah (user agents) maka web developer dan web designer harus memikirkan bagaimana perbedaan media dan karakteristik agar tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap tampilan website.
  5. Pengelolaan struktur basis data. Pembuatan struktur basis data juga bisa mengalami kesulitan, kesulitan ini muncul ketika tabel yang dibuat tidak terstruktur dengan rapi dan redundancy, oleh karena itu dibuthkan analisa yang mendalam sebelum membuat tabel, terutama tabel yang memiliki hubungan antar satu tabel dan lainnya baik yang sifatnya one to one, one to many maupun many to many.
  6. Rancangan antarmuka (user interface) dan sistem file. Karena website yang bersifat jejaring sosial (social network) umumnya akan digunakan oleh banyak pengguna dan akan terus berkembang, oleh karena itu untuk mengantisipasi lambatnya komunikasi request and respond dari komputer client ke server yang bisa disebabkan keterbatasan bandwidth, banyaknya user website yang mengakses website dalam satu waktu, maka antarmuka serta file sistem aplikasi website harus dirancang sedemikian rupa agar suatu task dapat dilakukan dengan meminimalkan komunikasi ke server.
  7. Keamanan (security). Keamanan merupakan aspek penting dalam website karena setiap user pasti menginginkan agar data dalam websitenya aman dan tidak bisa diakses oleh oleh orang lain. Umumnya celah keamanan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem navigasi web, merusak tampilan web, atau bahkan pada tingkat paling parah dapat mencuri data penting perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *