Saat ini internet berkembang cepat, hampir semua perangkat terhubung dan hampir sebagian besar orang didunia menggunakan internet. Hosting dan domain menjadi salah satu bagian dari perkembangan itu. Awalnya, hanya sebagian orang-orang tertentu saja yang dapat memiliki atau menggunakan ini. Namun dengen perkembangan yang pesat saat ini maka hosting dan domain sudah bukan menjadi hal yang asing. Hosting dan domain adalah dua bagian penting yang  berhubungan satu dengan yang lainnya pada sebuah website. Hampir sebagian besar pelaku internet marketing, bisnis online, blogger dan lain sebagainya pasti sudah hapal dengan dua istilah ini.  Jika kita sering bermain blog atau pernah membuat sebuah blog atau website, maka kita tidak asing lagi dengan dua istilah ini.

Doamain

Domain adalah nama unik yang berfungsi untuk mempermudah kita mengakses suatu halaman khusus di internet. Contohnya seperti google.com, detik.com, kaskus.co.id, dan lain-lain. Kenapa mempermudah? Karena bila tidak ada domain, kita harus mengakses sebuah halaman internet dengan memasukkan kombinasi angka-angka yang disebut IP Address. Sebagai contoh alamat IP Address Google Indonesia adalah 173.194.39.19. Sehingga bila tidak ada domain, kita harus mengetik angka-angka tersebut di browser untuk bisa masuk ke halaman mesin pencari Google.

Baca juga : Pengaruh domain pada Website

Hosting

Hosting adalah jasa penyewaan yang menyediakan server-server sebagai tempat penyimpanan data-data di internet. Karena internet adalah tempat bertebarannya berbagai informasi dan data-data, maka perlu tempat untuk menyimpan dan menampilkannya di internet. Data-data tersebut dapat berupa dokumen-dokumen berbentuk tulisan, gambar, maupun video. Inilah yang menjadi fungsi hosting.

Jika dalam bahasa gampangnya, hosting adalah tempat kita menyimpan data-data di internet dan meng’online’kannya sehingga dapat diakses di internet. Untuk detail apa saja jenis-jenis hosting dan penjelasannya, anda bisa melihatnya di Wikipedia.

Kaitan Antara Domain dan Hosting

Hubungan antara domain dan hosting ialah melengkapi satu sama lain. Kita tidak bisa hanya menggunakan salah satunya saja. Jika hanya ada domain, tidak akan ada data-data atau informasi yang dapat ditampilkan di internet, karena segala data dan informasi disimpan di hosting. Begitupun jika hanya ada hosting, domain tidak akan bisa diakses.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *