Sekilas Mengenai Web Development

Web development atau yang biasa dipanggil pengembangan aplikasi lebih condong pada apa yang terjadi dibalik layar, sehingga bukan hanya berkaitan dengan apa yang dilihat pengunjung web dan bagaimana kemudian berinteraksi dengan web tersebut melalui navigasi, aplikasi, dan fitur-fitur lainnya. Web development menciptakan karakteristik dan fungsi web yang memungkinkan suatu website dapat berinteraksi dengan pengujung sesuai dengan apa yang direncanakan dan diharapkan.

Ada beberapa istilah penting dalam web development, seperti e-commerce (marketplace, atau usaha mengfungsikan web sebagai saranan penawaran produk dan bertransaksi), content management systems (CMS), SEO & SEM, pengembangan bisnis dengan social media (sebagai upaya interaksi dengan costumer/visitor secara lebih dekat), membuat aplikasi untuk mobile device ( handphone, smartphone, tablets, gadgets) dan beberapa aplikasi web lainnya.

Baca Juga : Shared Hosting Atau Web Hosting Berbagi

Dua Peran Penting

Proses pengembangan website atau aplikasi web meliputi dua aspek, yaitu Front End dan Back End.

Front End Developer

Sederhananya, Front End adalah apapun yang kamu liat di browser. Developer disinilah yang membuat tampilan web menarik. Merekalah secara khusus berfokus pada bagian HTML, CSS, dan Javascript berhubung ketiga teknologi tersebut tinggalnya di browser.

Front End Developer sebenernya nggak harus bikin website terlihat indah dan bagus (itu tugas designer), tapi dialah yang membuat gimana caranya menyajikan informasi dan bisa memberi interaksi pasa user sebaik mungkin.

Back End Developer

Dialah agen dibalik layar. Back end developer lah yang membuat aplikasi web bisa hidup di server. Dialah yang bikin algoritme dan mendesain sistem yang bisa bekerja dengan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *